PT. Astra International, Tbk-Daihatsu

Jl. HR. Muhammad 4-6 Surabaya

Menu

Daihatsu Luxio

Promo
Daihatsu Luxio

Tipe dan harga Daihatsu Luxio

TipeHarga
LUXIO 1.5 D MT Rp. 179.250.000
LUXIO 1.5 D MT AMBULANCE Rp. 213.950.000
LUXIO 1.5 X MT Rp. 197.500.000
LUXIO 1.5 X AT Rp. 207.400.000

Deskripsi Mobil Daihatsu Luxio

Review Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio adalah minivan yang dirancang untuk memuat delapan penumpang sekaligus. Mobil ini diperkenalkan pada tahun 2009 dan diproduksi di Indonesia melalui PT. Astra Daihatsu Motor. Luxio tersedia dalam tiga pilihan trim yang dikemas dalam mesin tunggal dengan konfigurasi dua transmisi otomatis dan satu transmisi manual. Minibus lima pintu itu adalah hasil pengembangan dari van multiguna Daihatsu Gran Max. Hanya saja Luxio hadir  dengan ukuran dan kualitas yang sedikit lebih baik. Varian yang tersedia berbeda satu sama lain dalam hal tampilan dan fitur.

Stabilitas berkendara dan kemudinya bukanlah hal yang terbaik dan kendaraan ini. Luxio memang masih beranuver dengan baik. Namun, stabilitas pada kecepatan tinggi sedikit bermasalah. Walaupun keseimbangan mobil ini masih dapat diandalkan. Roda depan terhubung dengan rem cakram berventilasi dengan boosters. Sedangkan roda belakangnya bergantung pada  rem drum. Ban dengan velg berukuran 15-inci masih cocok untuk menghasilkan cengkraman yang memadai, dan mendukung stabilitas berkendara saat mengangkut banyak penumpang.

Daihatsu Luxio merupakan MPV yang handal dan memiliki kemampuan daya angkut yang sangat baik. Namun tidak ada keunggulan fitur yang dapat dibanggakan dari mobil ini bila dihadapkan dengan para persaingan MPV lainnya.

Eksterior

Luxio mewakili karakter sebuah mobil minibus. Mobil ini memiliki panjang yang sesuai, lebar yang cukup membuat nyaman, dan memiliki tinggi dengan ruang kepala yang sangat memadai di setiap baris kursi. Detail dimensinya adalah panjang 4.215 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.915 mm. Jarak lantai mobil dengan permukaan jalan sangat tinggi, yaitu 180 mm. Jarak sumbu rodanya pun cukup panjang pada 2.650 mm.

 Varian yang tersedia yakni tipe D dan tipe X. Penampilan keduannya sedikit dibedakan. Varian tertingginya memiliki sejumlah aksesoris tambahan berupa lampu kabut, velg dengan desain yang lebih menarik, spoiler belakang, stiker bodi samping, dan sensor parkir. Semua itu tidak ditemui pada tipe terendahnya.

BBM Selama Kepemilikan

Daihatsu Luxio sangat minim fitur berteknologi modern. Jangankan pilihan mode berkendara irit, indikator perpindahan gigi, atau indikator berkendara secara ekonomis (ECO Indicator) pun tidak punya. Daihatsu Luxio benar-benar mengandalkan efisiensi bahan bakarnya pada mesin 1.5-liter miliknya yang sanggup menghasilkan catatan konsumsi bahan bakar kombinasi sekitar 14 kpl.

Suspensi Nyaman

Fitur hiburan dan bantuan berkendara Daihatsu Luxio sangat minim. Mungkin Daihatsu berharap tak banyak fitur yang diinginkan oleh pemilik minibus. Untungnya pada mobil ini memiliki ruang kabin yang cukup luas sehingga dapat memberikan nilai kenyamanan yang lebih bagi penumpangnya.

Daihatsu juga membedakan fitur kabin tipe tertingginya dengan tipe terendahnya. Model tertinggi memiliki dashboard dua warna (two-tone), sistem stereo layar sentuh dengan pemutar CD/MP3/DVD dan input USB/AUX. Bonusnya, tipe X juga sudah dibekali dengan AC double blower. Versi yang lebih rendah tidak memiliki fitur ini dan hanya menggunakan pemutar audio 2-DIN tanpa AC double blower.

Untungnya kedua varian dilengkapi dengan delapan kursi. Semuanya sudah dilengkapi dengan sabuk keselamatan hingga kursi baris ketiga. Kursi baris kedua dan ketiga juga sudah memiliki sandaran tangan yang dapat berfungsi juga sebagai bottle holder. Namun saat sandaran di bagian tengah kursi ini diturunkan, kapasitas angkutnya hanya bisa menampung 6 orang saja seperti layaknya captain seat pada MPV berharga lebih mahal.

Performa mesin

Tenaga mobil ini dikeluarkan oleh mesin bensin 1.5-liter 4 silinder 16 katup 3Sz-VE water cooled. Mesin tersebut memiliki kemampuan yang cukup untuk menampung muatan yang berat. Luxio tersedia dalam dua varian, yaitu tipe D dan tipe X. Keduanya dibekali dengan transmisi manual. Hanya tipe tertingginya yang tersedia dalam pilihan transmisi otomatis.

Tidak ada perubahan pada kinerja mnaupun total ouput dari mesin ini dibanding Gran Max. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 97 Ps pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 134 Nm pada 4.400 rpm. Mobil ini memiliki akselerasi yang lambat. Dibutuhkan 15 detik untuk mencapai 100 kpj dari posisi diam.

Peta Lokasi

Mobil Tipe Lain